Total Tayangan Laman

11 Juni 2012

Cara Membuat Permainan "Ular Naga Panjang"


Game ini menggunakan bahasa pemrograman strawberry prolog.  Strawberry Prolog adalah dialek dari bahasa pemrograman Prolog. Sintaks-nya adalah sangat dekat dengan ISO-Prolog tetapi memiliki banyak ekstensi yang bukan bagian dari standar. Gagasan utama dari Strawberry Prolog adalah sangat mudah digunakan dan itulah sebabnya beberapa universitas menggunakannya untuk kursus mereka Prolog Strawberry Prolog sedang dikembangkan di Institut Matematika dan Informatika dan di Fakultas Matematika dan Informatika.
Bahasa pemrograman PROLOG tidak memilki aturan khusus seperti adanya prosedur  yang ada pada bahasa pemrograman lain dikarenakan bahasa pemrograman PROLOG ini tergolong “Declarative Language“, tidak ada prosedur didalamnya, tetapi terdapat kumpulan data-data objek (fakta) yang akan diolah, dan relasi antara objek tersebut akan membentuk sebuah aturan (rule) yang diperlukan untuk mencapai suatu goal (tujuannya).
Penerapan PROLOG ini cukup banyak diterapkan pada bidang-bidang tertentu, berikut contoh penerapannya :
  • Sistem Pakar (Expert System)
  • Pengolahan Bahasa Alami (Natural Language Processing)
  • Robotika
  • Pengenalan Pola (Pattern Recognition)
  • Pembelajaran (Learning)
 Untuk membuat game ini kita harus membuat koding. Saat ini koding tidak harus dibuat sendiri, karena banyak source code yang tersebar diinternet. Kita bias mengembangkan koding yang sudah ada. Nah, adapun koding untuk game ini adalah sebagai berikut:







 berikut ini adalah outputnya:








0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes