Total Tayangan Halaman

10 April 2011

Web Science; contoh dan analisisnya


Web Science merupakan website yang berisi tentang artikel-artikel yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan atau dalam bahasa inggris itu science. Web science juga berarti cara-cara atau metode-metode yang digunakan dalam membuat website yang baik.
Salah satu contoh web science adalah kampus syariah.com. berikut ini adalah link beserta analisa mengenai  contoh web science ini:


Web ini merupakan suatu kampus virtual yang  mengajarkan berbagai cabang ilmu- ilmu syariah seperti Al-Quran dan tafsirnya, ulumul Quran, hadits, ulumul hadits, tauhid, fiqih, ushul fiqih, sirah nabawiyah, tarikh Islami dan tsaqafah Islamiyah lainnya. Semua materi dalam situs ini bersumber dari kitab-kitab yang muktamad dan diakui dalam dunia ilmu keislaman.



Kegiatan belajar-mengajar  di kampus ini secara total dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi internet. Mulai dari registrasi mahasiswa, membaca materi kuliah, tanya jawab mahasiswa dengan pengajar, diskusi, mengambilan nilai latihan dan ujian, semua dilakukan secara online.

Kampus Syariah didirikan pertama kali pada 12 April 2004 di Jakarta oleh Ustadz Ahmad Sarwat, Lc, alumni LIPIA, sekaligus pengasuh situs ustadsarwat.com,  dengan nama domain www.kampussyariah.com,  bernaung pada Yayasan Pendidikan Daarul Uluum Jakarta dengan nama resmi Ma`had Daarul Uluum Lita`limi Al-`Ulum Al-Islamiyah. Visinya untuk mengenalkan syariat Islam kepada seluruh umat manusia dengan metode perkuliahan online. Adapun misinya adalah sebagai berikut:

  • Menghidupkan ilmu-ilmu syariah di dunia maya dengan konsep yang terpadu dan sistem perkuliahan yang profesional.
  • Memanfaatkan media teknologi demi kepentingan penyebaran dakwah Islam khususnya dalam penyebaran ilmu-ilmu syariah Islam.
  • Menyongsong abad kebangkitan Islam dengan persiapan tsaqafah Islamiyah yang terarah.
  • Memberikan wawasan yang luas dan terarah dalam memahami fiqih Islam terutama dalam perbandingan mazhab fiqih.
  • Menyediakan literatur dan rujukan syariah dalam bahasa Indonesia yang mewakili sebuah negeri dengan jumlah umat Islam terbesar di dunia.

 
Materi yang diajarkan di kampus virtual ini disampaikan secara terstruktur layaknya universitas sungguhan. Kurikulumnya mengacu kepada  fakultas syariah di berbagai Universitas Islam international, namun tetap fleksible dan dinamis, juga tidak terikat dengan waktu. Pada akhirnya point tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi khalayak muslim, terutama mereka yang sibuk  namun tetap punya kesadaran tinggi untuk belajar ilmu syariah secara serius dan lewat pola perkuliahan yang standar. 

Dengan begitu, peserta didik tidak perlu bingung untuk memilih melanjutkan kuliah atau kerja. mahasiswa di Kampussyariah.com bisa menentukan sendiri jam-jam kuliah setiap harinya. Bisa dilakukan dini hari, tengah hari, malam hari atau kapanpun.   Karena Kampussyariah.com adalah sebuah e-learning sehingga para mahasiswa tidak perlu datang dan pergi setiap hari ke kampus. Cukup dengan mengakses internet, maka semua bentuk kegiatan perkuliahan bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja.

Kelebihan lain dari web ini adalah dukungan tenaga pengajar  yang kompeten di bidangnya dan adapula yang berasal dari alumni timur tengah. melihat fasilitas yang disediakan di web ini, tentu kita dapat menilai bahwa web ini diasuh dengan serius dan professional

Dari segi fasilitas,fitur maupun grafis, web ini cukup lengkap dan menarik. Tapi yang menjadi kekurangan, untuk mengakses web ini dibutuhkan koneksi internet yang kuat dan bandwith yang besar.  agar kegiatan belajar-mengajar berjalan lancer, mengingat semua materi kuliah harus diunduh dan komunikasi dengan dosen dilakukan secara online.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes