Total Tayangan Laman

28 Desember 2010

Jaringan; MOBILE INTERNET


1. PENDAHULUAN
Seiring dengan dengan munculnya handset telepon genggam berteknologi 3G, 4G dan WiFI, tentu tidak berlebihan jika dikatakan bahwa saat ini internet bukan lagi monopoli kalangan pelajar. Kemudahan akses yang ditawarkan kini telah berhasil menarik minat pedagang, sopir, bahkan ibu-ibu rumah tangga untuk berinternet ria-walaupun hanya sekedar untuk membuka facebook.
Fenomena mobile internet belakangan ini memang sedang booming. Selain technology handset yang semakin maju, network broadband (jaringan pita lebar) juga sedang tumbuh. Pertumbuhan itu seiring dengan dinamika kehidupan masyarakat yg semakin meningkat hari demi hari.  Bahkan Skype,  sebuah perusahaan global internet communications sejak berdirinya pada 2003 sudah memiliki 560 juta users, di mana terdapat 400 ribu pelanggan baru setiap hari yang menyediakan fasilitas komunikasi suara secara gratis di internet,  dalam CommunicAsia 2010 meluncurkan versi mobile untuk perangkat telepon genggam 3G yang direkomendasikan dan berbasis OS Symbian. Itu artinya sesama handphone bisa saling berkomunikasi dengann suara secara gratis.

2. PENGERTIAN MOBILE  INTERNET
Internet mobile adalah Web yang dirancang khusus untuk perangkat mobile. Pengguna  akan mendapatkan layanan dari penyedia favorit, dirancang untuk ponsel  dan dapat melakukan nyaris segalanya  untuk penggunaan yang mobile. Dulu Internet mobile hanya digunakan untuk perangkat kelas atas, tapi kini, hampir semua ponsel bisa mengakses Web mobile.
Biasanya Internet mobile menggunakan  GPRS (General Packet Radio Service) yang merupakan salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel).GPRS juga merupakan suatu teknologi yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan data lebih cepat jika dibandingkan dengan penggunaan teknologi Circuit Switch Data (CSD) atau yang sering disebut juga dengan 2,5 G.
Sistem GPRS dapat digunakan untuk transfer data (dalam bentuk paket data) yang berkaitan dengan e-mail, data gambar (MMS) dan penelusuran (browsing) internet. Layanan GPRS dipasang pada jenis ponsel tipe GSM dan IS-136, walaupun jaringan GPRS saat ini terpisah dari GSM
GPRS merupakan jasa baru yang di desain untuk jaringan GSM (Global System for Mobile Communications). GSM adalah teknologi selular digital yang digunakan seluruh dunia (worldwide), dominan di Eropa dan Asia, dengan perkiraan jumlah pelanggan saat ini 400 juta dan terus bertambah. GSM adalah “world’s leading standard” di dunia komunikasi wireless digital.
GPRS distandarisasi oleh European Telecommunications Standards Institute (ETSI). Aplikasi yang diharapkan banyak digunakan pada GPRS adalah akses internet/intranet.
GPRS mempunyai 2 elemen jaringan yaitu SGSN èMengirimkan dan menerima data dari mobile stations, dan “maintain information” tentang lokasi mobile station (MS). SGSN melakukan komunikasi antara MS dan GGSN.
GGSNè“wireless gateway” yang memungkinkan pengguna “mobile cell-phone” mengakses “public data network (PDN)” atau “specified private IP networks”








3. JENIS KONEKSI INTERNET MOBILE

Ponsel atau PDA
Perangkat komunikasi macam ponsel atau PDA kini sudah bisa difungsikan sebagai modem nirkabel koneksi ke PC, baik lewat kabel data, inframerah, atau bluetooth. Namun, perlu juga diingat, tidak semua jenis ponsel yang mendukung macam jaringan GPRS bisa disulap jadi modem. Umumnya ponsel-ponsel lawas bisa difungsikan sebagai modem. Supaya ponsel bisa digunakan sebagai modem, selain harus ada koneksi ke PC baik via kabel data, inframerah, atau bluetooth, dibutuhkan pula driver modem yang biasanya sudah dibundel pada saat penjualan ponsel atau PDA tersebut.
Ketika ponsel  sudah bisa difungsikan, maka selanjutnya  user harus mengaktifkan koneksi  yang tersedia di perangkat komunikasi tersebut baik GPRS, EDGE, 3G, HSDPA, atau jaringan CDMA jika menggunakan ponsel CDMA. Biasanya operator sudah menyediakan layanan aktivasi jaringan via SMS atau OTA (over the air).  Kemudian, sediakan pula input setting akses jaringan sesuai dengan operator yang digunakan. Misalnya APN (Accses Point Name) Matrix adalah satelindogprs.com, sedangkan XL adalah xlgprs.net.
Ketika akan melakukan browsing, sinyal di ponsel harus dalam keadaan penuh. Karena bagus tidaknya sinyal akan memengaruhi kualitas koneksi  internet yang digunakan. Sedangkan jika bicara, masalah laju data yang biasanya dihitung dalam kilobyte, yang berpengaruh adalah tipe jaringan yang digunakan. Misalnya yang menggunakan 3G pasti lajunya datanya akan lebih cepat jika menggunakan GPRS. Begitu pula dengan pengguna CDMA, yang menggunakan CDMA 2000 1x EVDO pasti lebih cepat ketimbang menggunakan CDMA 2000 1x.

Modem eksternal
Selain menggunakan handset macam ponsel atau PDA untuk mengakses internet pada PC atau laptop, yang cenderung agak panas jika digunakan browsing terlalu lama, yang lebih stabil lagi yakni menggunakan modem eksternal seperti modem USB, modem kabel, kartu data PCMCIA, dan kartu Wi-Fi.
Modem USB, perangkat ini penggunaannya sangat mudah karena kita tinggal colokkan perangkat tersebut ke port USB. Salah satu produk yang kini tengah ditawarkan di antaranya Wimode milik Bakrie Telecom. Perangkat ini bekerja memakai sinyal dari BTS (base transceiver station) Esia, bukan hotspot. Produk ini juga bisa difungsikan untuk menelefon atau ber-SMS. Produk lainnya yang juga memanfaatkan jaringan operator adalah TelkomselFlash dari Telkomsel atau Data Card XL. Umumnya biaya dengan akses perangkat ini berbasis pada tarif layanan data yang telah ditentukan oleh pihak operator.
Namun, kelemahan dengan memakai perangkat ini adalah kecepatan yang sangat tergantung dari PC atau laptop yang digunakan. Misalnya jika kita memakai komputer yang lambat atau kena virus, koneksi internetnya akan terasa lambat.
Koneksi yang lainnya adalah dengan modem kabel. Modem ini sedikit agak istimewa karena dengan alat ini PC bisa mengakses internet melalui sambungan TV kabel. Akan tetapi, supaya bisa bekerja, komputer mesti dilengkapi oleh ethernet card.

PCMCIA
Kartu PCMCIA (Personal Computer Memory International Associated) ini awalnya hanya didesain untuk PC laptop, yaitu untuk ekspansi memori, tetapi kemudian berkembang menjadi kartu jaringan, modem, dan media simpan eksternal. Saat ini ada tiga jenis kartu PCMCIA, yakni PCMCIA I, II, dan III.
PCMCIA I yang mempunyai tebal 3,3 mm adalah kartu yang berfungsi untuk memori,
sedangkan PCMCIA II yang mempunyai tebal 5,0 mm berfungsi untuk kartu modem, LAN, SCSI serta suara, dan PCMCIA III yang mempunyai tebal 10,5 mm digunakan sebagai harddrive ATA.
Untuk akses internet yang digunakan tentu saja kartu PCMCIA II. Selain sebagai modem kartu ini juga menyediakan slot untuk SIM-card untuk jaringan GSM atau CDMA sehingga bisa digunakan untuk menelefon atau SMS. Selain dimasukkan ke slot PCMCIA, kini ada juga kartu yang menggunakan port USB sebagai antarmuka (interface). Jadi, kartu jenis ini bisa pula digunakan pada PC desktop.

Kartu Wi-Fi
Jenis kartu ini mempunyai dua colokan, ada yang bisa menggunakan slot PCMCIA dan ada juga yang menggunakan port USB. Namun, kartu wi-fi biasanya digunakan untuk laptop model lama atau PC desktop. Jika kartu ini sudah terpasang, pengguna bisa langsung mencari media hotspot yang umumnya disediakan secara gratis yang kini makin banyak dipasang seperti di pusat perbelajaan, kafe, hotel, kampus, dan tempat-tempat ramai lainnya. Jadi, jika ingin main internet secara gratis PC untuk memasang fasilitas Wi-Fi salah satunya dengan menggunakan kartu PCMCIA dengan fungsi Wi-Fi.



CONTOH PENGGUNAAN INTERNET MOBILE
Mobile internet bagaikan magnit yang menciptakan trend baru kehidupan.Bukan hanya dinamis, namun akselerasi, kecepatan, keakuratan, effisien dan effektivitas akan mewarnai pergerakan zaman,peradaban manusia. Contoh nyata menjamurnya internet mobile adalah fenomena maraknya penggunaan BlackBerry. Pertama kalinya smartphone itu diluncurkan yaitu pada 2007, tidak terlalu mendapatkan sambutan pasar. Tetapi  karena membaiknya jaringan selular di tahun-tahun berikutnya, perangkat itu dengan cepat hinggap di saku para profesional, bisnisman, mahasiswa, anak sekolahan dan anak gaul.





Alasannya sederhana : komunikasi data,suara dan gambar yg cepat, pembayaran murah, bisa internetan cepat, email dan fitur BlackBerry Messengger (BBM) yang exclussive. BlackBerry dengan berbagai kelebihannya berfungsi seperti perangkat social networking, downloads, entertaiment, games,sport saat ini telah dimiliki oleh  41 juta users seluruh dunia.


0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes